Tugas Manajer yang Hebat adalah Tentang Hasil, Bukan Aktivitas

Di usianya yang baru 25 tahun, Julie Zhuo ditawari pekerjaan seumur hidup – mengelola tim desain Facebook. Lebih menakjubkan lagi, peran ini adalah peran manajerial pertama Zhuo. Terlintas sebuah pertanyaan di benaknya, “Apa yang sebenarnya dilakukan seorang manajer?”

Pada hari-hari awalnya sebagai manajer, Zhuo percaya bahwa tugasnya adalah mengadakan meeting dengan anggota tim, memberi mereka saran tentang bagaimana mereka bekerja, dan menentukan bawahan mana yang akan dipromosikan atau dipecat. Namun, Ia segera menyadari bahwa pendekatannya tidak tepat karena berfokus lebih pada tugas-tugas dasar sehari-hari, ketimbang pada tujuan jangka panjang.

Setelah beberapa tahun pengalaman yang didapatnya, Zhuo menjadi lebih strategis. Dia menyadari bahwa peran manajer sebenarnya adalah berfokus pada masalah yang lebih luas. Yaitu memastikan timnya bekerja bersama secara efektif, membantu anggota tim mencapai tujuan karir mereka dan mengembangkan proses untuk meningkatkan efisiensi.

Tetapi sekarang, dengan hampir satu dekade pengalaman manajemen, Zhuo percaya bahwa tugas seorang manager jauh lebih sederhana daripada yang dibayangkan olehnya. Tugas seorang manajer, ternyata adalah untuk mencapai hasil yang lebih baik dari tim Anda. Ya, mencapai hasil. Saat Anda berupaya mencapai tujuan ini, Anda akan mulai mengenali perbedaan antara manajer yang hebat dan manajer yang biasa-biasa saja.

Bagaimana? Nah, banyak orang menganggap attitude, sikap yang baik itu menjadi pertimbangan apakah seorang manajer itu baik atau tidak. Misalnya, Anda dapat menilai apakah mereka pekerja keras, disukai atau pandai memberikan presentasi. Jika mereka mempunyai ketiga hal tersebut, maka mereka pastinya menjadi manajer yang baik. Benarkan?

Salah. Sebenarnya, indikator keberhasilannya adalah hasil kerja tim. Hanya hasil dari tim yang mereka kelola yang dapat menjawab pertanyaan ini. Dengan kata lain, tim manajer yang baik akan mencapai hasil yang baik secara konsisten.

Jadi, tanyakan pada diri sendiri hasil apa yang ingin dicapai oleh tim atau bisnis Anda. Jika, seperti Zhuo, hasil yang Anda cari adalah desain yang hebat, maka ingatlah bahwa tim manajer yang hebat akan secara konsisten memberikan desain yang hebat kepada Anda, sedangkan tim manajer yang biasa-biasa saja akan memberikan desain yang biasa-biasa saja kepada Anda.

Manajer yang hebat adalah yang timnya mendapatkan hasil yang bagus. Sesederhana itu.

For More Article
Download Online Learning Apps
Klik Di sini > Mindset Mobile Apps

Training Leadership Motivasi Presentasi Komunikasi Sales Teambuilding Terbaik Bekasi, Cikarang, Cibitung, Karawang, Purwakarta

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *