Tiga Jalur Menjadi Manager, Kelebihan dan Kekurangannya.

Ketika Julie Zhuo (Manager Tim Design Facebook) bertemu para manajer baru di Facebook, ia bertanya aspek pekerjaan apa yang menurut mereka lebih mudah atau lebih menantang. Ia menemukan pola dari respons mereka. Jalur yang mereka tempuh saat pertama kali menjadi manager menentukan apa yang dirasa mudah atau sulit dalam tiga bulan pertama mereka.

Ada beberapa jalur yang memungkinkan untuk menjadi seorang manajer. Masing-masing jalur memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Pertama, ada jalur Apprentice (Magang) ke manajemen. Jalur Magang dimulai ketika tim atasan Anda berkembang dan Ia meminta Anda untuk mengelola sebagian tim tersebut. Ini adalah jalur yang dilalui Zhuo. Sebagai desainer muda di Facebook, ia diminta untuk mengelola bagian dari tim desain bosnya yang sedang berkembang.

Salah satu keuntungan dari rute ini adalah Anda akan memiliki banyak panduan selama bulan-bulan awal. Ini karena manajer Anda masih ada untuk melatih Anda dan menjawab pertanyaan yang mungkin Anda miliki. Namun, membangun hubungan yang baik dengan mereka yang bekerja di bawah Anda dapat menjadi hal yang sulit bagi manajer magang. Mengapa? Karena mereka terbiasa melihat Anda sebagai rekan kerja, bukan sebagai Atasan mereka.

Kedua adalah jalur Pioneer (Pelopor) ke manajemen. Pelopor memulai tim yang sepenuhnya baru dan bertanggung jawab atas semua aspek pertumbuhan tim itu. Satu keuntungan utama dari rute ini adalah Anda bisa membangun tim Anda, bukan tim yang diwariskan dari Atasan sebelumnya. Dengan demikian, Anda dapat memilih dengan siapa Anda ingin bekerja dan mengatur dinamika tim.

Sisi negatifnya, manajer pelopor mungkin tidak menerima banyak bantuan. Karena tidak ada yang akan memahami tim Anda lebih baik daripada Anda. Anda satu-satunya orang yang paling memahami tim tersebut. Sehingga, orang lain mungkin merasa kesulitan untuk memberi bantuan atau saran atas tantangan yang Anda hadapi.

Ketiga, ada jalur New Boss (Atasan Baru) ke manajemen. Dalam skenario ini, Anda dibawa, baik dari tim yang berbeda atau bahkan organisasi yang berbeda, untuk mengelola satu kelompok kerja yang sudah mapan.

Salah satu keuntungan menjadi Atasan baru adalah orang-orang biasanya akan lebih toleran selama beberapa bulan pertama. Mengapa? Karena mereka akan menghargai bahwa Anda seorang pemula, dan dengan demikian Anda diizinkan untuk melakukan kesalahan saat Anda mempelajari cara kerja di tim yang baru. Dalam masa ini, penting bagi Anda memanfaatkan waktu untuk duduk dan belajar banyak hal. Salah satu jebakan menjadi bos baru adalah terburu-buru mengubah berbagai hal tanpa sepenuhnya memahami situasi dan kondisi di tim baru Anda.

Memahami jalur yang Anda lewati untuk menjadi manager, peluang dan tantangan yang mungkin muncul, akan membantu Anda menjalankan tugas manager dengan baik.

For More Article
Download Online Learning Apps
Klik Di sini > Mindset Mobile Apps

Training Leadership Motivasi Presentasi Komunikasi Sales Teambuilding Terbaik Bekasi, Cikarang, Cibitung, Karawang, Purwakarta

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *