Manajer Hebat Memberikan Feedback Spesifik

Dalam bukunya “The Making of Great Manager”, Julie Zhuo masih ingat saran terburuk yang pernah diterimanya. Satu desainnya untuk Facebook pernah dikritik koleganya “Apakah desainnya memang sejelek ini?”

Meskipun contoh ini ekstrem, kenyataannya banyak dari kita kesulitan menemukan cara yang tepat saat memberikan saran kepada orang lain. Entah kita khawatir melukai perasaan seseorang dan menahan diri dari semua kritik, atau, seperti dalam kasus di atas, kita tidak cukup peka.

Memberikan saran yang tepat dan efektif kepada anggota tim adalah komponen penting dari tugas manajer. Bagaimana caranya?

Yang terpenting, Anda harus memberikan saran yang spesifik untuk satu tugas tertentu. Tugas yang baru saja diselesaikan seseorang. Misalnya, jika seorang anggota tim baru saja memberikan presentasi, luangkan waktu sesudahnya untuk memberi tahu mereka apa yang menurut Anda sudah baik dan bagaimana mereka dapat meningkatkannya di presentasi berikutnya.

Saran spesifik seperti ini mudah dilakukan. Mengapa? Karena saran yang diberikan terkait dengan tindakan yang telah dilakukan seseorang, bukan siapa mereka.

Supaya lebih efektif, berikan sesegera mungkin agar masih tetap fresh di benak Anda. Misalnya, Anda dapat memberikan saran melalui email pada hari yang sama saat tugas diselesaikan. Saran tertulis ini akan sama efektifnya dengan percakapan tatap muka.

Dengan menjadikan feedback spesifik sebagai kebiasaan rutin, sebenarnya Anda sedang melakukan sesi coaching sederhana pada setiap tugas yang mereka lakukan.

Cara lain untuk memberikan feedback yang bagus adalah dengan memberi banyak sudut pandang. Anda dapat melakukannya dengan melakukan sesi feedback 360 derajat, dengan menerima masukan banyak orang.

Misalnya, ketika seorang anggota tim Anda selesai memberikan presentasi, Anda tidak hanya menyampaikan pendapat Anda sendiri. Tetapi juga pendapat orang lain tentang presentasi tim Anda. Feedback seperti ini sangat berharga karena memberikan pandangan yang menyeluruh dan objektif tentang bagaimana kinerja anggota tim.

For More Article
Download Online Learning Apps
Klik Di sini > Mindset Mobile Apps

Training Leadership Motivasi Presentasi Komunikasi Sales Teambuilding Terbaik Bekasi, Cikarang, Cibitung, Karawang, Purwakarta

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *