Pemimpin Hebat Fokus Mengeluarkan yang Terbaik Dalam Diri Setiap Orang, Bukan Menonjolkan Kekuatan Diri.

Banyak pemimpin fokus memikirkan diri sendiri. Mereka tidak menyadari bahwa menjadi seorang pemimpin bukanlah tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri. Menjadi pemimpin adalah tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk orang lain.

Untuk menjadi pemimpin sejati, Anda perlu mengubah pola pikir dari “saya” ke “kita.”

Saya analogikan sebuah orchestra musik. Banyak calon pemimpin yang terjebak dalam pola pikir solois – pemain elit yang dilayani semua orang. Seorang pemimpin sejati layaknya seorang konduktor. Ia fokus pada bagaimana membantu orang lain menciptakan hasil yang luar biasa. Menjadi konduktor, pemimpin orchestra, memberikan kesempatan untuk mengeluarkan seluruh potensi tak terbatas dari setiap orang di dalamnya.

Kunci untuk mengubah mindset dari solois menjadi konduktor adalah memastikan bahwa Anda benar-benar memahami orang-orang di sekitar Anda.

Suatu malam di Buenos Aires, Argentina, John Maxwell diundang untuk menyaksikan dua ratus orang menari tango dalam ritme dan harmoni yang sempurna.

Rekan Maxwell menjelaskan bahwa rahasia kesempurnaan yang indah di acara itu adalah setiap pemimpin pasangan dansa benar-benar memahami pasangannya. Untuk dapat memimpin secara efektif, Anda perlu tahu bagaimana rasanya dipimpin. Sama halnya dalam tarian Tango, kepercayaan, kerja sama, dan saling pengertian juga sangat penting dalam dunia kerja.

Sebagai pemimpin Anda harus fokus membantu orang lain untuk bersinar, mencapai potensi terbaiknya. Pastikan Anda memiliki sikap yang benar terhadap orang-orang dan hubungan Anda dengan mereka.

Pusatkan kepemimpinan Anda pada apa yang mereka butuhkan. Dengarkan terlebih dahulu, sebelum Anda mengharapkan mereka mendengarkan Anda. Cari tahu apa yang dikerjakan tim Anda dengan baik, dan pujilah mereka. Jika Anda menetapkan gambaran besar untuk organisasi Anda, pastikan mereka ada di dalamnya. Dan jangan hanya memberi tahu mereka tentang visi Anda, tetapi undang mereka untuk membantu Anda mencapainya.

Semua tindakan ini sangat sederhana. Tetapi hanya akan terasa dampaknya jika didukung dengan niat “Fokus saya adalah membantu orang lain bersinar.”

For More Article
Download Online Learning Apps
Klik Di sini > Mindset Mobile Apps

Training Leadership Motivasi Presentasi Komunikasi Sales Teambuilding Terbaik Bekasi, Cikarang, Cibitung, Karawang, Purwakarta

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *