Fokus Pada Berkembang, bukan Sekedar Mencapai Sasaran

Ketika John Maxwell menjadi seorang pemimpin gereja muda di kota kecil di Ohio, Ia menetapkan tujuan untuk menjadikan gerejanya yang terbesar di negara bagian itu. Dalam satu tahun, Ia berhasil menggandakan jumlah jemaatnya. Dan pada tahun 1975, gerejanya diakui sebagai yang paling cepat berkembang di Ohio.

Tetapi setelah merayakan, ia mulai merenungkan prestasinya. Ia menyadari bahwa pertumbuhan pribadi yang dia alami sepanjang jalan, pengalaman dan pemahamannya tentang kepemimpinan, jauh lebih penting daripada sekedar mencapai angka pertumbuhan tertentu.

Ini bicara tentang satu perubahan paradigma kepemimpinan: dari  goal mindset (fokus pada mencapai sasaran) ke growth mindset (fokus melakukan pertumbuhan).

Goal mindset menekankan pencapaian dan status, sedangkan growth mindset fokus pada pengembangan nilai dan keluar dari zona nyaman. Goal mindset memprioritaskan pencapaian target dan bertanya “berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana?”. Sedangkan growth mindset bertanya, “Seberapa jauh saya bisa melangkah?”

Jika Anda mempraktikkan growth mindset, Anda mungkin akan terkejut dengan hasil yang Anda raih. Ketika Maxwell masih sangat muda, dia bertemu Elmer Towns, seorang profesor Universitas Liberty dan seseorang yang dia kagumi. Dia menemukan bahwa Towns telah menjual 110.000 buku, dan memutuskan bahwa menjual banyak buku itu akan menjadi tujuannya.

Namun seiring waktu, Towns mengalami pergeseran mindset dari sasaran (goal) ke pertumbuhan (growth). Ia fokus pada bagaimana menjadi penulis yang lebih baik, dan tidak terlalu mengkhawatirkan penjualan. Bertahun-tahun kemudian, penerbitnya memberinya piala kristal yang diukir dengan kata-kata “satu juta buku terjual.”

Ternyata dengan berfokus pada pertumbuhan, ia mampu mencapai jauh lebih banyak daripada yang pernah ia tetapkan sebelumnya.

Kunci growth mindset adalah memiliki semangat teachable, bisa diajar. Tidak hanya mengatakan Anda ingin belajar, tetapi mengambil langkah-langkah praktis untuk melakukannya. Sama seperti berkebun. Hanya menginginkan taman Anda tumbuh menjadi sesuatu yang indah, tidak akan memberikan hasil apa pun. Anda perlu merencanakan, mempersiapkan, dan bekerja mengolahnya.

Jadi, setiap hari sadari bahwa kesempatan untuk belajar dan tumbuh ada di sekeliling Anda. Tetaplah penasaran dan niatkan diri untuk terus belajar.

For More Article
Download Online Learning Apps
Klik Di sini > Mindset Mobile Apps

Training Leadership Motivasi Presentasi Komunikasi Sales Teambuilding Terbaik Bekasi, Cikarang, Cibitung, Karawang, Purwakarta

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *