Time Management: Memprioritaskan Hal yang Penting

Setiap hari kita dituntut lakukan berbagai macam hal dari atasan kita, dari rekan, bawahan, dari tetangga, suami, istri, anak, dari semua orang. Setiap orang ingin sebagian waktu kita. Jadi bagaimana kita bisa membagi waktu supaya sesuai dengan tujuan kita.

Mindset Indonesia - Priority Matrix

Ada satu konsep tentang priority matrix. Priority matrix ini bisa digambarkan satu kotak yang dibagi empat bagian. Satu bagian, kotak pertama, adalah hal-hal yang penting dan mendesak. Ini selalu merupakan krisis karena sudah penting mendesak pula. Ini harus dilakukan segera, mau tidak mau. Kotak kedua, kuadran kedua, termasuk hal-hal penting tetapi tidak mendesak. Umumnya adalah hal-hal yang berkaitan dengan planning, perencanaan, atau hubungan dengan klien, supplier atau orang terdekat. Hal-hal penting namun tidak mendesak. Kotak ketiga, kuadran ketiga adalah hal-hal yang mendesak, namun tidak penting. Ini adalah hal-hal yang kita harus anggap sebagai gangguan, interupsi. Dan kotak keempat, kuadran keempat adalah hal-hal yang tidak penting dan tidak mendesak. Ini adalah hal-hal yang menghabiskan waktu kita.

Jadi, setiap kali Anda hendak melakukan satu hal, Anda perlu bertanya pada diri sendiri “Apakah kegiatan ini termasuk kuadran 1, yaitu krisis mau tidak mau harus dilakukan. Kuadran 2, perencanaan, penting namun tidak mendesak, harus dilakukan. Atau kuadran ketiga, tidak penting namun mendesak, harus dilakukan. Tetapi di kuadran tiga Anda harus pikirkan apakah harus dilakukan sendiri? Bisa tidak pekerjaan ini didelegasikan, karena toh tidak penting. Dan kalau termasuk dalam kuadran 4, tidak penting tidak mendesak. Jangan dilakukan sama sekali. Anda tidak punya waktu untuk lakukan hal yang tidak penting dan tidak mendesak.

Jadi, sebelum Anda lakukan pekerjaan Anda, selalu pertimbangkan aktivitas tersebut masuk kuadran yang mana. Kalau Anda tahu masuk yang mana, Anda akan tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

 

Mindset Indonesia
Providing Training for Excellent Mindset – Action – Result
www.mindsetindonesia.com

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *