Bagaimana Menghemat Waktu saat ada Tamu Tak Diundang

Bagaimana kita memanage waktu kita, khususnya jika kita sedang sibuk dan tiba-tiba tanpa appointment, tanpa janji seorang rekan kita datang ke meja dan dia mau ngajak kita ngobrol. Bagaimana cara menangani hal ini. Karena di satu sisi kalau kita layani dia pekerjaan kita ga selesai-selesai. Di sisi lain, kalau kita usir dia takut tersinggung. Bagaimana caranya kita bisa “mengusir / menghalau” rekan kita, tamu tak diundang ini, supaya kita bisa melanjutkan pekerjaan kita.

Satu tips sederhana yang bisa digunakan adalah, daripada membiarkan dia datang dan menemui Anda, ketika dia datang katakana “Sorry nih, saya sedang sibuk banget. Lagi ada yang dikerjakan. Bisa kasih saya waktu 15 menit? Nanti saya dateng ke meja bapak.” Daripada dia datang dan duduk di meja kita, berarti dia tamunya kita. Secara sosial ga enak buat kita usir tamu. Kalau kita katakan “Sorry, saya lagi sibuk. Tapi, saya akan ke tempatmu 15 menit lagi”. Kemudian ketika Anda yang datang ke dia Anda lah tamunya. Dan karena Anda tamunya, Anda yang pegang kendali.

Kalau Anda samperin dia 15 menit kemudian, Anda bisa Tanya “Ya, ada apa, apa yang bisa saya bantu?” Setelah masalahnya selesai, Anda langsung bilang “Sip, masalahnya selesai. Kalau tidak ada lagi, saya balik dulu ke meja saya”. Jika Anda yang datang ke meja dia, Anda pegang kendali kapan akan pergi. Tetapi jika dia yang datang ke meja Anda, Anda bingung mau nyuruh perginya bagaimana.

Jadi tips untuk hadapi tamu tak diundang adalah daripada terima tamu mendingan Anda yang pergi ke meja rekan Anda, dan setelah sudah bahas ya sudah selesai.

 

Mindset Indonesia
Providing Training for Excellent Mindset – Action – Result
www.mindsetindonesia.com

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *