10 Cara Meningkatkan Keterampilan Memimpin Anda

Kepemimpinan akan efektif jika berjalan secara dinamis dan sebagai seorang pemimpin, Anda dituntut untuk selalu berkembang. Anda tidak dapat membiarkan kemampuan Anda tetap dan tidak berkembang. Dalam segala aspek kepemimpinan Anda harus berkembang namun tidak menyimpang dari tujuan utama Anda.

Bagaimana Anda meningkatkan kepemimpinan Anda? Berikut ini 10 cara untuk meningkatkan keefektifan Anda sebagai seorang pemimpin.

1. Bicaralah. Apakah ada sesuatu yang membuat Anda tidak nyaman? Anda harus cukup percaya diri untuk mengatakan apa yang Anda rasakan. Apakah ada tindakan bullying di dalam tim Anda? Tegurlah tindakan mereka yang tidak wajar itu. Anda harus belajar bagaimana melihat dan memperbaiki tindakan yang menyimpang dalam tim Anda dengan baik.

2. Cegahlah urusan politik terjadi di dalam tim Anda atau jangan berpartisipasi dalam urusan politik. Tindakan-tindakan untuk memenuhi keinginan pribadi Anda dapat menjadi bumerang bagi Anda dan merusak kepemimpinan Anda. “Jangan menghanguskan diri Anda dengan menambah bensin pada api”.

3. Tumbuhkan keberanian ketika Anda menghadapi sebuah masalah dalam tim Anda. Diskusikan masalah yang bersangkutan yang mungkin dapat mengganggu atau menghambat perkembangan tim Anda. Keluarkan pendapat Anda atau pendapat anggota Anda sehingga Anda dapat menghasilkan ide atau solusi yang lebih baik.

4. Tetaplah mencari informasi sehingga Anda mengetahui semuanya secara detail. Ketahuilah apa yang sedang terjadi dalam tim Anda. Pengetahuan adalah teman terbaik Anda dalam menerapkan strategi dan solusi yang benar dalam tim Anda.

5. Lengkapilah diri anda dengan “senjata” untuk masa depan. Antisipasi masalah yang mungkin muncul dan siapkan solusi yang sesuai. Bersikap terbuka terhadap gagasan-gagasan yang muncul dari anggota Anda karena tidak semua hal dapat berjalan sesuai dengan keinginan Anda. Hal tsb akan menjauhkan Anda dari frustasi dan perjalanan kepemimpinan Anda akan berjalan dengan lancar.

6. Jauhkan gossip dari tim Anda. Bersikaplah tegas dalam menerapkan langkah ini untuk mencegah tim dari dari bergosip atau obrolan tidak penting. Anda juga harus dapat menjadi contoh yang baik bagi tim Anda. Galakkan sikap positif dan diskusi dalam tim Anda.

7. Selalu ingat nilai utama dari organisasi Anda. Pastikan tim Anda selalu mendapat informasi dengan baik tentang persepsi ini. Perkuatlah nilai-nilai yang telah dibangun dan dipertahankan oleh organisasi setiap saat.

8. Perhatikan semua anggota tim. Terutama mereka yang tertinggal di belakang. Berikan mereka kesempatan untuk belajar dan berkembang.

9. Berikan penghargaan terhadap mereka yang bekerja dengan baik. Apakah ada anggota tim Anda yang telah mencapai target atau memberi kontribusi yang luar biasa? Berikan mereka penghargaan yang sesuai atau insentif.

10. Berani untuk berbeda dari yang lain. Bagikan gagasan-gagasan Anda untuk menciptakan kreativitas dan inovasi. Seorang pemimpin merupakan seorang visioner, bekerja untuk membuat segalanya lebih baik demi kesuksesan dan pencapaian yang luar biasa.

 

Mindset Indonesia
Providing Training for Excellent Mindset – Action – Result
www.mindsetindonesia.com

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *